Obat Baru Memberi Harapan dalam Melawan Hipertensi yang Sulit Diatasi

Penelitian baru melaporkan bahwa obat baru bagi penderita tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikontrol oleh obat-obatan yang ada, dalam uji klinis yang sangat baik. Penelitian ini dilaporan di dalam jurnal the Lancet edisi online 13 September, penurunan tekanan darah substansial dicapai dengan berbagai dosis obat darusentan, untuk orang yang masih hipertensi walaupun sudah menggunakan tiga atau lebih obat-obatan.

Obat baru ini efektif untuk tekanan darah tinggi yang resisten dapat "berpotensi sangat bermanfaat" menurut seorang pakar, Dr Kirk Garratt, direktur klinis penelitian jantung intervensi di Lenox Hill Hospital, New York City.

Menurut Garratt, penurunan tekanan darah yang terlihat dalam studi ini sangat menggembirakan. hal ini hanya membutuhkan perubahan kecil dalam pembacaan tekanan darah untuk memberikan manfaat pada pasien. Obat ini berpotensi mengambil orang-orang dari tempat yang sangat berbahaya ke tempat yang sangat aman.

Menurut Nathan Kaiser, juru bicara Gilead Sciences, perusahaan yang sedang mengembangkan obat, hasil kajian akan diserahkan kepada US Food and Drug Administration sebagai bagian dari permohonan untuk persetujuan pemasaran.

Uji coba yang lebih besar telah selesai awal tahun ini untuk pendaftaran. Data uji klinis diharapkan ada pada akhir tahun. Sambil menunggu hasil studi kedua, paling cepat mereka dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan persetujuan, tampaknya kuartal keempat tahun 2010.

Beberapa studi telah mengatakan bahwa sebanyak 30 persen orang dengan tekanan darah tinggi, suatu faktor risiko utama untuk masalah-masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, memiliki bentuk resisten, di mana tekanan darah tidak dapat dibawa ke tingkat yang diinginkan meskipun menggunakan tiga atau lebih obat-obatan.


Jika darusentan bekerja sebagaimana yang diharapkan, maka akan sangat berguna bagi orang tua dengan tekanan darah tinggi resisten, kata Weber. Mereka cenderung setengah baya atau lebih tua, seringkali dengan beberapa gangguan fungsi ginjal. Ini lebih sulit dan lebih sulit untuk menangani mereka dan bahkan lebih diperlukan untuk mendapatkan tekanan darah mereka diinginkan, sehingga cara yang yang lebih efektif bahkan akan lebih berharga."( Kalbe.co.id - )


0 komentar:

Posting Komentar