10 Kesalahpahaman Tentang Diabetes

1. Diabetes bukan penyakit Mematikan – Salah!
Kenyataanya, diabetes adalah global killer, yang menyebabkan kematian jauh lebih banyak daripada kematian akibat HIV/AIDS. Penyakit ini membunuh 3.8 juta orang setahun. Setiap 10 detik seseorang mati akibat dibetes atau yang berkaitan dengan diabetes.


2. Diabetes hanya berdampak pada negara-ngeara kaya saja – Salah!
Diabetes menyerang semua populasi, tanpa peduli berapa pendapatan populasi tersebut. Jumlah ini terus bertambah. Lebih dari 240 juta orang di dunia saat ini mengidap diabetes. Angka ini akan terus bertambah hingga lebih dari 380 juta pada tahun 2025. Di beberapa Negara di Asia, Timur Tengah, Oceania dan Karibia, diabetes 12-20% populasi terkena diabetes. Pada 2025, 80% kasus diabetes akan terjadi pada negara berpendapatan rendaha dan menengah.

3. Diabetes didanai besar-besaran secara global – Salah!
Official Overseas Development Aid (bantuan resmi luar negeri) untuk sektor kesehatan pada 2002 mencapai USD 2.9 milyar, dan hanya 0.1% saja untuk mendanai SELURUH penyakit tidak menular kronik (non-communicable chronic disease). Sebagian besar dari dana yang USD 2.9 milyar ini untuk mendanani HIV/AIDS. Meskipun diabetes jauh lebih mematikan secara global. Jika dibandingkan dengan HIV/AIDS, dana untuk diabetes hanya didapat dari sebagian kecil dari yang 0.1% dari dana yang tersedia. Sebagai tambahan, bank duni memberikan USD 4.2 milyar pinjaman untuk dana kesehatan, populasi dan nutrisi antara tahun 1997 dan 2002. Hanya 2.5% dari dana tersebut diberikan untuk penyakit kronik.

0 komentar:

Posting Komentar